KABAR GEMBIRA! MULAI TAHUN 2017 INI, 16.000 TENAGA HONORER SMA DAN SMK PROVINSI JAWA TENGAH AKAN DI BIAYAI PEMERINTAH

suarapgri.comMulai tahun 2017 ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membiayai tenaga honorer yang bekerja di SMA dan SMK.

Namun mulai tahun 2018 mendatang, akan melakukan seleksi pada tiap-tiap tenaga honorer. Sebab anggaran dari Provinsi untuk pembiayaannya dinilai terlalu berat.


Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sri Puryono mengatakan, pemberlakuan Undang Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, mengamanatkan bahwa SMA dan SMK dilimpahkan kewenangan pengelolaannya dari Pemkab/Pemkot ke Provinsi.

Di tahun 2017 sebagai masa transisi, Pemprov masih membiayai belasan ribu para tenaga honorer baik guru maupun tenaga kependidikan, termasuk honorariumnya. Jumlah tenaga honorer di SMA dan SMK se Jateng mencapai 16.000 orang. 

“Tahun berikutnya kita akan pakai pola seleksi,” ujarnya, Minggu (1/1).

Ia juga menjelaskan, Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat untuk pembiayaan sekolah-sekolah itu, awalnya dikirimkan langsung ke Kabupaten/Kota. Namun ternyata alih kewenangan ini tidak serta merta sepenuhnya diserahkan ke Pemprov Jateng.

Puryono menuturkan, terdapat usulan ke pemerintah pusat agar tenaga honorer diseleksi menjadi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (P3K). Penempatan seseorang di sekolah tertentu juga disesuaikan dengan kebutuhannya.

“Jadi kita lihat dulu analisis jabatannya dan kebutuhannya, misalnya di sekolah itu dibutuhkan berapa guru? Tentu yang sesuai dengan bidangnya, jangan sampai ada yang menumpuk di situ,” jelasnya.

Usulan tersebut juga termasuk untuk para tenaga kependidikan atau non guru. Jangan sampai lulusan sarjana pertanian, ternyata di sekolah tersebut bekerja menjadi staf administrasi.

Selain itu juga, pihaknya meminta kepada pemerintah pusat agar meninjau ulang jumlah DAU untuk Jateng. Karena nominal yang diberikan saat ini dinilai masih jauh dari kebutuhan untuk semua SMA dan SMK se Jateng. “Seharusnya DAU Pemprov Jateng Rp 3, 6 triliun, sekarang baru Rp 1,9 triliun, masih jauh,” pungkasnya.

sumber : jateng.tribunnews.com

Demikian berita dan informasi terbaru yang kami bagikan. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru, dan juga rekan-rekan tenaga pendidik lainnya.
Terima kasih telah setia bersama suarapgri.com, situs berita pendidikan terupdate.

0 Response to "KABAR GEMBIRA! MULAI TAHUN 2017 INI, 16.000 TENAGA HONORER SMA DAN SMK PROVINSI JAWA TENGAH AKAN DI BIAYAI PEMERINTAH"

Posting Komentar