INILAH CONTOH JADWAL FULL DAY SCHOOL UNTUK JENJANG SEKOLAH DASAR (SD)

suarapgri.comKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan full day school (FDS) secara nasional. Program itersebut akan diberlakukan secara bertahap hingga tahun 2020 mendatang. 

Diharapkan dengan adanya full day school ini, nilai-nilai khas Indonesia bisa ditanamkan sejak dini. Terutama, untuk usia TK, SD, dan SMP. Tidak seperti saat ini, di mana nilai-nilai etika mulai luntur.

Full day school atau saat ini lebih sering menggunakan nama Pendidikan Penguatan Karakter (PPK). Yakni, siswa akan lebih lama berada di sekolah dengan penambahan jam pelajaran untuk penguatan karakter anak. Bentuknya seperti tambahan pelajaran agama atau pengenalan budaya.

Kemendikbud hanya akan menyesuaikan kontennya sesuai dengan konsep yang telah dibuat sekolah atau pemerintah daerah.

Jadwal full day school atau sekolah seharian penuh yang saat ini sedang digodok oleh Kemendikbud. Jadwal full day school ini bisa menyesuaikan pada sekolah masing-masing. Seperti, untuk hari Senin jam ke-1 diganti dengan Upacara Bendera, kemudian dilanjutkan dengan Sholat Dhuha. Namun, Jadwal bisa berubah menyesuaikan situasi dan kondisi sekolah. Siswa pulang dari sekolah sekitar jam 3 sore.

Berikut ini contoh jadwal Full Day School untuk jenjang SD:


Pola pendidikan karakter yang akan diterapkan di seluruh Indonesia melalui full day school ini membuat Kemendikbud akan menerapkan kebijakan baru, siswa SD dan SMP akan diliburkan pada hari Sabtu-Minggu. Pola pendidikan di SD menjadi sekolah yang berbasis pendidikan karakter. Di SD, 70 persen porsi pendidikan akan berbasis pada pembentukan karakterdan selebihnya pendidikan keilmuan.


Demikian berita dan informasi terbaru yang kami bagikan yang kami lansir dari laman sekolahdasar.net. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru, dan juga rekan-rekan tenaga pendidik lainnya.

0 Response to "INILAH CONTOH JADWAL FULL DAY SCHOOL UNTUK JENJANG SEKOLAH DASAR (SD)"

Posting Komentar