DIRJEN GTK : INI DIA RESOLUSI BAGI GURU DI TAHUN 2017, "SATU GURU, SATU BUKU"

suarapgri.comGuru harus berkarya dan menulis. Itulah pesan implisit yang disampaikan oleh Sumarna Surapranata, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, kepada komunitas Media Guru di Surabaya, 11 Desember 2016 lalu. Dia menegaskan, bahwa guru mulia karena karya dan karena karya, guru mulia.

Pesan ini langsung ditindaklanjuti oleh Media Guru Indonesia dengan mencanangkan program Satu Guru Satu Buku menjelang penutupan tahun 2016. Pemimpin Umum Media Guru, Mohammad Ihsan menyampaikan, karya tulis yang dihasilkan para guru di tanah air belum bisa dikatakan banyak.


”Belum semua guru mau berkarya. Apalagi, di sisi lain, masih banyak juga dijumpai kasus plagiaris jual-beli karya tulis ilmiah di dunia pendidikan,” jelasnya dalam forum diskusi kepenulisan Media Guru, 28 Desember 2016.

Maka untuk itu, pihaknya mendorong para pendidik untuk mau membagikan pengalaman dan wawasannya lewat karya tulis, yakni buku.

Menurut Ihsan, buku adalah warisan terbaik bagi kemajuan peradaban bangsa. Terkait dengan upaya tersebut, komunitas Media Guru menginisiasi program Satu Guru Satu Buku.

”Anggota kami yang merupakan guru-guru dari berbagai daerah sebagian telah menulis buku, namun masih dalam bentuk buku keroyokan. Karena itu, dalam program Satu Guru Satu Buku ini, kami mendorong mereka untuk mengelurkan karya tunggal. Kami berupaya memfasilitasi hingga karya mereka bisa terpublikasi,” tutur Ihsan.

Rencananya, puncak rangkaian program ini akan dihelat pada Hari Pendidikan Nasional, Mei 2017 mendatang. Mendikbud direncanakan hadir meluncurkan buku-buku karya anggota komunitas Media Guru.

Tuti Haryati, Kepala SMP Islam Al Azhar, Tulungagung, menyambut antusias program tersebut.

”Insya Allah saya membuat resolusi di tahun 2017 ini menulis dua buku,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Rita Erwiyah, Kepala SDN Wonorejo IV Surabaya. ”Program ini sangat bagus untuk menumbuhkan semangat literasi di kalangan pendidik kita,” pungkasnya.

Demikian berita dan informasi terbaru yang kami bagikan yang kami lansir dari laman surabaya.tribunnews.com. Semoga informasi ini bermanfaat bagi bapak/ibu guru, dan juga rekan-rekan tenaga pendidik lainnya.

0 Response to "DIRJEN GTK : INI DIA RESOLUSI BAGI GURU DI TAHUN 2017, "SATU GURU, SATU BUKU""

Posting Komentar