GTT, PTT, & HONORER DENGAN MASA KERJA MINIMAL 3 TAHUN AKAN LANGSUNG DIANGKAT JADI PNS, JIKA...

SUARAPGRI.COM - Para guru tidak tetap (GTT), pegawai tidak tetap (PTT), dan honorer hingga tenaga kontrak yang bekerja di instansi Pemerintah selama minimal tiga tahun akan diangkat langsung menjadi PNS.
Hal tersebut berlaku jika revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa digoalkan. Saat ini, regulasinya telah menjadi prioritas di tingkat DPR.


Nantinya para guru, bidan, penyuluh, peneliti, dosen, dan honorer lainnya akan mendapat kepastian status mereka karena pengabdiannya.
UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), hanya membagi manajeman ASN ke dalam Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sistem PPPK tidak mengenal kenaikan pangkat, pengembangan karier, atau promosi.
Dalam UU tersebut, para GTT itu masuk dalam kategori PPPK. Namun, anehnya tidak ada batasan masa kerja dan tingkatan.
"Ini tidak fair," kata pemeran Rieke Diah Pitaloka di Surabaya, Jumat (9/12/2016).

UU tersebut dinilai perlu direvisi. Rieke menuturkan, bahwa pengakuan status pegawai non-PNS dan Pengangkatan PNS perlu payung hukum yang kuat.
Yakni Undang-Undang. Selain itu juga, perlunya Mereformasi Birokrasi dan Kualitas Pelayanan Publik dam Pembangunan membutuhkan aparatur sipil negara yang profesional dan demokratis serta sejahtera.

Revisi UU ASN itu menitikberatkan kepada sistem kepegawaian yang tepat. Sistem kepegawaian cukup dengan status PNS.
Para GTT yang secara terus-menerus bekerja pada instansi pemerintah paling sedikit selama 3 (tiga) tahun wajib diangkat menjadi PNS secara langsung. 

"Pengangkatan PNS nantinya tidak melalui ujian. Namun hanya seleksi administrasi berupa verifikasi dan validasi surat keputusan yang dibuat oleh pejabat pembina kepegawaian," kata Rieke Diah.


Baca Juga : 


Pengangkatan PNS akan dilakukan dengan memprioritaskan mereka yang memiliki masa kerja paling lama. Atau mereka yang bekerja pada bidang fungsional, administratif, dan pelayanan publik.
Dalam pengangkatan PNS dilakukan penyesuaian masa kerja, gaji, penyetaraan ijazah pendidikan terakhir, dan tunjangan yang diperoleh sebelumnya.

Saat ini, Revisi UU ASN sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional Prioritas 2016 dan sudah dibahas di DPR. Pembahasan di Badan Legislasi DPR dan Panitia Kerja sudah selesai.
Muatan isinya sementara sudah mengakomodir kepastian nasib dan perlindungan serta pengangkatan PNS secara langsung bagi Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan juga tenaga kontrak.

Tahapan berikutnya adalah pengesahan pada Sidang Paripurna DPR menjadi RUU Inisiatif DPR. Selanjutnya dilakukan pembicaraan tingkat 1.

Demikian berita dan informasi terbaru yang kami bagikan yang kami lansir dari laman Tribunnews.com. Semoga informasi ini bermanfaat bagi bapak/ibu GTT, PTT, Tenaga honorer, dan juga rekan-rekan tenaga kontrak lainnya.

Untuk informasi terbaru lainnya seputar Pendidikan, silahkan klik DISINI

17 Responses to "GTT, PTT, & HONORER DENGAN MASA KERJA MINIMAL 3 TAHUN AKAN LANGSUNG DIANGKAT JADI PNS, JIKA..."

  1. Yang bekerja diinstansi pemerintah. Bgaimana dg guru2 yg juga memiliki masa kerja yg sama tp dibawah naungan yayasan, seperti guru TK/PAUD?

    BalasHapus
  2. Maju terus pantang menyerah HONORER INDONESIA !!!!

    BalasHapus
  3. Bagaimana para honorer di SKPD sudah 6 tahun jd PHTT,pantas jd PNS?

    BalasHapus
  4. Bgmna guru honorer yang mengajar disekolah swasta/ yayasan yang sdh mengajr puluhan tahun?,...apakh dijadikan anak tiri lg?..padahl sekolah swasta jg banyak memberikan kontribusi mencerdaskan anak anak bangsa

    BalasHapus
  5. Bagaimana dengan kami dosen yang ngajar di kampus swasta di timur apakah kami yang doktor harus menerima gaji yang cuma ratusan ribu aja perbulan....kami meneliti dan menulis cuman di gaji ratusan ribu aja....tolong kami dari dosen swasta di perhatikan juga

    BalasHapus
  6. Pu galak that jet ke PNS nyan Hareum Man Mandum. papma

    BalasHapus
  7. Semoga allah mengabulkan niat para honorer untk sgera di angkat pns, krna hanya allah yg tau susah payah & pendritaan para honorer..
    Hanya allah yg tau
    Aamiin..

    BalasHapus
  8. Bagaimana bagi daerah yg zona merah abpd nya lebih besar 50% untuk.gaji pegawainya

    BalasHapus
  9. semoga bisa terealisasi...sya sendiri sudah mengabdi di selama 10 tahun..smoga ini bukan hanya isu belaka

    BalasHapus
  10. Itu semua lip service semata... Kenyataannya... Mulai 2017 semua guru gtt kemenag yg tidak k2 semua diberhentikan... Dan dijadikan hanya sebagai honor sekolah dg gaji 120 rb sebulan... Apabila masih mau mengajar...!! Hebat pak jokowi... Anda betul2 merakyat dan tahu penderitaan guru honorer...

    BalasHapus
  11. semoga apa yang diwacanakan menjadi kenyataan.

    BalasHapus
  12. semoga wacana itu menjadi kenyataan. saya sendiri sudah mengabdi 10 tahun di SMK

    BalasHapus
  13. Semoga wacana itu menjadi kenyataan. sy sdh 10 tahun mengabdi di smk negri 1 pasarwajo

    BalasHapus
  14. Amin,,,
    untuk sekolah swasta wilayah kota Mojokerto, khususnya PTT Operator tolong diperhatikan juga,,
    Makasih

    BalasHapus