Mendikbud Muhadjir Effendy: Bapak/Ibu Guru, Tolong Jangan Lagi Bebani Siswa dengan Lembar Kerja Siswa (LKS)

suarapgri.comLembar Kerja Siswa (LKS) telah membuat fungsi utama guru yakni merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pendidikan tidak berjalan secara optimal.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat membuka Rapat Evaluasi Implementasi Pendampingan Kurikulum 2013 untuk Tahun 2016 di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jatim, di Surabaya, Senin (21/11).


Menurut Menteri Muhadjir, guru tidak boleh lagi membebani siswa untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS).

“Guru tidak boleh hanya pasrah pada LKS sehingga fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi malah dilakukan oleh LKS dan bukan hasil dari perencanaan yang matang oleh para guru,” ujar Menteri Muhadjir.

Dia juga curiga, ada oknum guru mengambil keuntungan dari penerbit dengan menjual LKS. Keuntungannya, menurut Menteri Muhadjir, bisa mencapai triliunan rupiah  jika dikalkulasi secara nasional.

“Sungguh pekerjaan yang nista apabila seorang guru hanya cari rabat (dari penjualan LKS),” tegasnya.

Terlepas dari hal tersebut, Menteri Muhadjir merasa, efektifitas LKS pada siswa juga tidak terukur. Tidak jarang pekerjaan rumah yang dibebankan guru melalui LKS pada siswa justru tidak dikerjakan sendiri.

“Untuk itu saya meminta para guru untuk tidak lagi memberatkan siswa dengan LKS, selama ini beberapa anak didik ketika membawa LKS ke rumah sebagai pekerjaan rumah, tidak sedikit yang malah dikerjakan oleh Ibu atau anggota keluarga lainnya, sehingga tidak cukup efektif,” pungkas mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini. (pojoksatu.id)

Demikian berita dan informasi terbaru yang kami bagikan. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru, dan juga rekan-rekan tenaga pendidik lainnya.

0 Response to "Mendikbud Muhadjir Effendy: Bapak/Ibu Guru, Tolong Jangan Lagi Bebani Siswa dengan Lembar Kerja Siswa (LKS)"

Posting Komentar