BERIKUT NAMA-NAMA PESERTA SERTIFIKASI GURU YANG TELAH DITETAPKAN, SILAHKAN REKAN GURU CEK LOKASI PLPG

SUARAPGRI - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat pagi & salam sejahtera untuk kita semua. Informasi terbaru dari dunia Pendidikan kembali kami perbarui secara terupdate untuk rekan-rekan pengunjung suarapgri.com, khususnya rekan-rekan guru terkait nama-nama guru peserta PLPG Sertifikasi Guru Tahun 2016 beserta cara cek lokasi PLPG.
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, Kemendikbud sudah menetapkan nama-nama guru yang berhak untuk ikut sertifikasi tahun 2016 ini. Jadi guru tidak perlu mendaftar. Menurutnya, para guru dengan usia yang lebih senior akan di dahulukan jadwal sertifikasinya.


Total guru dalam jabatan yang belum disertifikasi mencapai 540 ribu orang lebih. Karena anggaran terbatas, tahun ini kuota sertifikasi guru dalam bentuk pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) hanya 120 ribu orang. Pemerintah memutuskan untuk kembali mendanai biaya sertifikasi. "Sasarannya adalah guru dalam jabatan (guru yang sudah mengajar, red) pada 2006 sampai 2015," jelas Pranata.
Sementara itu, pengamat pendidikan Indra Charismiadji juga mengatakan, Kemendikbud seharusnya tidak membuka akses sertifikasi untuk semua guru tanpa ada seleksi terlebih dahulu. Menurutnya, guru yang tidak memiliki kemauan belajar, percuma di ikut sertakan dalam sertifikasi.
"Perlu ada seleksi di awal, guru itu ada kemauan untuk belajar atau tidak," terang Indra.
Ia juga menambahkan, pelatih di program sertifikasi itu harus benar-benar memiliki kemampuan kependidikan yang bagus. Sehingga proses sertifikasi atau PLPG tidak hanya sekedar ceramah. Kemendikbud harus menata ulang tujuan sertifikasi guru. Sertifikasi seharusnya membuat guru supaya lebih profesional. Perlu untuk diketahui, Kemendikbud telah menyediakan halaman sebagai sarana informasi terkait penetapan calon peserta sertifikasi guru tahun 2016.
Nama-nama guru yang berhak untuk ikut sertifikasi dapat dilihat di halaman http://sergur.kemdiknas.go.id. 
Pelaksanaan sertifikasi guru dalam bentuk PLPG akan diselenggarakan di kampus lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) yang telah ditunjuk pemerintah.
Untuk guru calon peserta PLPG yang ingin mengetahui lokasi PLPG 2016, maka silahkan cek lokasi PLPG 2016 ini dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Kunjungi alamat Sergur 2016 melalui http://sergur.kemdiknas.go.id/.

2. Jika sudah muncul, pilih menu Daftar Calon Peserta


3. Masukkan NUPTK bapak/ibu, lalu klik ikon kaca pembesar


4. Jika NUPTK benar dan pencarian berhasil, maka akan muncul lokasi LPTK untuk PLPG.
Tahapan Verifikasi Calon Peserta Sergur 2016 yang harus diketahui bagi calon peserta sergur 2016 adalah tahapan verifikasi calon peserta Sergur, yang urutannya sebagai berikut :
Tahap verifikasi calon peserta sudah berkahir tgl. 15 Mei 2016. Tahap verifikasi calon peserta selanjutnya adalah :

  • Verifikasi berkas di LPMP untuk mendapatkan persetujuan dokumen A1.
  • Penentuan kuota peserta sertifikasi guru 2016. Prioritas berdasarkan usia dan masa kerja.
  • Cetak dokumen A1.
  • Penentuan tempat pelaksanaan/lokasi PLPG di LPTK yang sudah ditetapkan.
Demikian cara mudah untuk cek lokasi PLPG Sergur 2016. Selamat bersiap-siap, semoga lulus dengan hasil yang memuaskan.
(sumber : sinarberita)
Demikian informasi seputar sertifikasi guru yang kami bagikan, semoga bermanfaat, terima kasih.


kata kunci : Guru, Sertifikasi Guru, PLPG

0 Response to "BERIKUT NAMA-NAMA PESERTA SERTIFIKASI GURU YANG TELAH DITETAPKAN, SILAHKAN REKAN GURU CEK LOKASI PLPG"

Posting Komentar