SIAP-SIAP! SEBANYAK 3000 GURU AKAN DITEMPATKAN DI KAWASAN PERBATASAN DAN DAERAH TERTINGGAL

SUARAPGRI - Sedikitnya 3000 guru akan siap ditugaskan di daearah Indonesia terdepan, terluar dan tertinggal (3T) melalui program Sarjana Mendidik di Daerah 3T itu yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“SM-3T merupakan program pemerintah untuk membangun Indonesia dari tepi atau kawasan yang belum mendapatkan pemerataan pendidikan,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis (25/8).



Pada kesempatan itu, Menteri Muhadjir juga menambakan, kesenjangan di bidang pendidikan di tanah air menjadi sebuah masalah yang harus segera disikapi. Masih banyak wilayah di Indonesia ini yang belum memperoleh pendidikan yang layak, sementara di wilayah lain, pelayanan pendidikan malah jauh lebuh maju.

Oleh karena itu, SM-3T dapat menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mempersempit jurang kemakmuran pendidikan di berbagai daerah di Indonesia. Menteri Muhadjir mengatakan, keadaan demikian, membuat para warga terutama di wilayah perbatasan, lebih tertarik dengan pendidikan di negara tetangga yang secara fasilitas sudah baik.

Misalnya fasilitas pendidikan di Kupang, NTT yang berbatasan dengan Timor Leste atau di Papua yang berdekatan dengan Papua Nugini.

“Perbatasan negara, bukan sekadar patok yang dipasang di banyak tempat. Jika tidak diurus dengan baik, patok wilayah itu dapat digeser oleh oknum. Maka, kawasan tepi harus selalu menjadi perhatian dengan adanya perhatian dari pusat lewat program yang menggerakkan aktivitas masyarakat di kawasan perbatasan,” tuturnya.

“Maka Program SM-3T memiliki peranan yang sangat penting dalam menekan kesenjangan pendidikan dan juga meningkatkan kewibawaan Indonesia di daerah perbatasan.

Demikian informasi yang kami bagikan seputar sebanyak 3000 guru yang siap ditempatkan di kawasan perbatasan dan daerah tertinggal yang kami kutip dari laman pojoksatu.id

Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan guru di seluruh tanah air. Salam PGRI.

0 Response to "SIAP-SIAP! SEBANYAK 3000 GURU AKAN DITEMPATKAN DI KAWASAN PERBATASAN DAN DAERAH TERTINGGAL"

Posting Komentar