KABAR BURUK, "SEJUMLAH 1.478 PNS TERANCAM PENSIUN DINI" INI DIA ALASAN DARI PEMERINTAH

SUARAPGRI - Selamat malam dan salam sejahtera untuk rekan-rekan PNS di seluruh tanah air. Kabar buruk menimpa rekan-rekan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sulut, yang memiliki kompetensi rendah. Ya, sebanyak 1.478 PNS lulusan SD, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat, terancam pensiun dini.

Pasalnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Apara‎tur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), akan melakukan rasionalisasi PNS.


Organisasi pemerintahan akan dibuat lebih efektif, dengan menyingkirkan atau memangkas PNS yang standar kompetensi dan kemampuannya masih di bawah rata-rata, atau mereorganisasi struktur.

Targetnya, mereka yang pendidikannya SD-SMA. Sementara, target pemerintah yang menjadi PNS minimal harus berlulusan diploma. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sulut, ada sekira 1.478 PNS di lingkungan Pemprov Sulut, yang pendidikannya SD-SMA.

Kepala BKD Pemprov Sulut Dr Femmy Suluh MSi menuturkan, hal ini baru wacana yang mengemuka. Untuk penerapannya pun belum dipastikan kapan waktunya.

“Rapat dengan KemenPAN-RB waktu lalu, MenPAN memang menyebut akan diadakan rasionalisasi. Karena, menurut MenPAN kondisi ideal PNS itu harus 1,5 persen dari jumlah penduduk. Berdasarkan data saat ini, kondisi PNS di Sulut sudah mencapai 1,77 persen jumlah penduduk di Indonesia. Makanya, menurut MenPAN harus diutamakan mereka yang punya standar kompetensi kuat,” jelasnya.

Lanjutnya, kalaupun ada rasionalisasi, PNS tersebut tidak langsung disingkirkan begitu saja. Pasti akan dipikirkan lagi, berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada.

“Akan ada opsi-opsi ke depan terkait hal ini, seperti pensiun dini. Pasti akan diperhatikan. Rasionalisasi ini juga konsepnya nanti akan dilakukan seleksi secara kolektif. Jadi, tidak langsung dilengserkan semua PNS yang lulusan SD, SMP dan SMA,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, terkait dengan rasionalisasi ini masih sementara dipikirkan. “Kemungkinan tujuan MenPAN adalah memberikan tantangan kepada SDM-SDM di Indonesia khususnya Sulut untuk terus mempersiapkan diri lebih berkualitas lagi, dan lebih berkompeten,” ujarnya.

sumber: manadopostonline.com
Demikian informasi yang dapar kami bagikan pada malam hari ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

Kabr Buruk, 1.478 PNS Terancam Pensiun Dini
Kabr Buruk, 1.478 PNS Terancam Pensiun Dini

0 Response to "KABAR BURUK, "SEJUMLAH 1.478 PNS TERANCAM PENSIUN DINI" INI DIA ALASAN DARI PEMERINTAH"

Posting Komentar